SELAMAT DATANG DI BLOG SEKSI DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PENJARINGAN

Kamis, 07 Agustus 2014

Gagal Login ke VerVal PD, ini Solusinya!

Dapodik, Seiring dengan lahirnya Dapodik versi 3.00 pada tanggal 06 Agustus 2014, maka saya coba flasback untuk menyelesaikan Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik yang sempat tertunda karena Libur Lebaran. Perlu diketahui bahwa Verval PD bertujuan untuk memutakhirkan data NISN sekaligus menerbitkan NISN Kelas 1 dan siswa lain yang belum memiliki NISN. 
Pada saat saya buka http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ saya bingung "kenapa gak bisa Login yah, padahal sebelumnya bisa...".

Akhirnya saya mencoba mencari solusi dari masalah tersebut, alhasil saya dapat jawaban dari Admin Ditjen Dikdas Kemdikbud Pak Noercholis, dan setelah saya coba saran beliau, akhirnya saya berhasil Login kembali di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/


Dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba share Tips dan Trick "cara mengatasi gagal login ke verval pd" kepada teman-teman Operator Sekolah yang mungkin mengalami masalah serupa. Yuk, langsung saja kita ke TKP:

>>TIPS PERTAMA<<
1. Buka link Data Referensi Pendidikan PDSP di alamat berikut: http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=4030xxxx;

2. Ganti NPSN (huruf 4030xxxx) sesuai dengan NPSN Sekolah;
3. Kemudian klik tab "Kontak" pada link Data Referensi PDSP;
4. Copy kemudian paste email yang tampil pada tab "Kontak" Data Referensi  ke laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ sebagai user name, dan password tetap menggunakan Password Aplikasi Dapodikdas 2.0.8.
Dan lihatlah, Anda sudah bisa Login kembali ke laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/.

Pastikan Verval PD sudah sampai pada Tahap Konfirmasi Data, karena pada tahap inilah data NISN akan dimutakhirkan atau menjadi Data Referensi NISN di server PDSP. 


>>TIPS KEDUA<<
Solusi bagi yang belum selesai Verval PD sebelum Dapodik Versi 3.00 terbit, ini solusinya:
  • Instal Aplikasi Dapodik versi 3.00 dan selesaikan proses pendataannya;
  • Setelah itu selesaikan verval PD sampai tahap Konfirmasi Data;
  • Kemudian lakukan sinkronisasi/kirim data dengan Dapodik 3.00;
  • Cek verval PD lagi apakah sudah masuk nama siswa baru, kalau sudah lakukan Verval PD lagi sampai tahap Konfirmasi Data setelah selesai;
  • Terakhir, lakukan sinkronisasi/kirim data lagi biar NISN langsung masuk ke Dapodik 3.00.

Demikian tips dan trick yang dapat saya bagikan pada pada kesempatan ini.

Semoga bermanfaat dan selamat bertugas kembali.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar Anda.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG SEKSI DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PENJARINGAN